.

Inovasi “CERIA” Cerdas Kelola Hipertensi di Puskesmas Ragajaya merupakan beberapa rangkaian kegiatan untuk mengelola pasien hipertensi terutama dalam hal kepatuhan kontrol rutin. Pasien hipertensi diberikan pendidikan kesehatan melalui media edukasi berupa poster dan video edukasi. Video edukasi ditayangkan di televisi puskesmas yang berada di ruang tunggu pasien. Poster mengusung akronim CERIA yang berisi hal-hal yang harus diperhatikan oleh pasien hipertensi. Poster dipasang di dinding ruang tunggu Puskesmas Ragajaya, dan diposting di media social milik puskesmas. Poster juga dicetak dalam ukuran A5 dan ditempatkan di sebuah acrylic holder untuk dipakai sebagai media dalam penjelasan pasien hipertensi saat pelayanan berobat di puskesmas (dalam gedung), maupun di posbindu (luar gedung).

Petugas kesehatan yang melakukan pelayanan pasien hipertensi di luar gedung mengisikan data kunjungan pasien pada link google form. Isian jawaban dari google form tersebut akan direkap dengan data kunjungan pasien hipertensi di dalam gedung puskesmas yang ditarik dari aplikasi E-Puskesmas. Selanjutnya, dari data rekapan tersebut, petugas akan mengidentifikasi pasien yang tidak teratur melakukan kontrol. Pasien hipertensi diberikan pesan pengingat untuk kontrol melalui aplikasi whatsapp. Bila tidak terhubung ataupun tidak tertera kontaknya, pasien akan dilakukan kunjungan rumah.

Download File Lampiran
  11. Pedoman Teknis.docx